Jumat, 30 November 2012

Hidup untuk Tidur dan Bersepeda

Foto di ambil dari sini
Hidup itu penuh makna dan tantangan. Hidup itu penuh dengan keputusan. Semua harus dihadapi. Tantangan adalah hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jika tantangan dilakukan sudah rutin, maka ini dikatakan dengan kebiasaan. Jika tantangan ini kita sukai dan ingin mencobanya lagi, maka disebut hobi.

Membahas hobi adalah masalah bagiku. Karena Semua hal yang enak menurut pikiranku, pasti aku lakukan. Sampai sekarang hobi yang aku sukai adalah biking (bersepeda). Rata-rata bersepeda sekitar 10km per hari. Maklumlah, bertindak hijau dan mengurangi pemakaian BBM. Aku ke kampus naik sepeda, baju basah, berkeringat dan segar.


Selain itu adalah agar memancing orang melakukan hal yang sama. Biasanya jika ke kampus hanya membawa catatan kecil, air minum 1 liter, alat tulis, baju ganti, parfum, pompa mini dan handuk. Dari rumah harus menyiapkan hal-hal penting, perjalanan 45 menit, sehingga harus berangkat 1 jam sebelum jadwal kuliah. Misalnya jam 8 pagi masuk, maka jam 7 harus sudah berangkat dari rumah. Jika ingin beristirahat, pergi 1,5 jam sebelum jadwal. Agar dapat meluruskan badan dengan lama. Inilah tips dan trik agar bersepeda tidak lelah sampai ke tujuan.

Orang mengatakan bersepeda 15km setiap ke kampus yang memakan waktu 45 menit perjalanan adalah hal yang aneh, melelahkan dan janggal. Tapi Menurutku, ini melatih kita sehat. Selain itu motivasi dari diri sendiri yaitu bertindak hijau dan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, mengurangi subsidi juga macet, menyehatkan badan dan yang paling penting adalah melatih agar terjadwal. Maksudnya terjadwal agar semua kegiatan harus direncanakan sebelumnya, mengingat 1 jam perjalanan. Ini yang membuat kita melatih diri agar selalu ontime dan tepat janji.

Agak sedikit marah dan kecewa saat seseorang berjanji dan tidak menepati janjinya tanpa pemberitahuan. Terlambat 5 hingga 15 menit tidak masalah, tetapi terlambat 30 menit hingga 1 jam lebih itu luar biasa. Kalau ada halangan, tentunya diberitahu sebelumnya. Budayakan agar on time. Oleh karena itu, harus tepati janji agar menjadi orang yang berbudaya.

Hobi ke dua yaitu tidur. Semua orang mengatakan ini adalah kebutuhan, tapi bagiku ini adalah hobi. Sesempatnya ada waktu kosong, aku lakukan tidur. Sehingga ada istilah-istilah penting bagiku untuk mengatakan spesifik untuk kata tidur. Ada "Bolam", "Bogel", "Boci", "Bocor", dan "Bohol". Mungkin beberapa orang mengatakan ini adalah hal yang "alay". Tapi bukti alay-nya mana? Ini adalah ungkapan agar dapat mengingatnya lebih mudah.

Kita mulai dengan "Boci". Kata "Boci" sudah tidak asing lagi di telinga kita mungkin. Kepanjangan "Boci" adalah "bobo ciang". "Bobo" artinya tidur dan "ciang" artinya siang. Entah bahasa apa yang kupakai itu tapi semua orang mengerti artinya. Mungkin ini adalah bahasa waktu kita masih anak-anak. Tidur siang adalah hal favoritku. Dengan tidur siang badan jadi fresh. Syarat tidur siang bagiku adalah ada tempat datar untuk bergolek, waktu berkisar jam 11 hingga jam 2. Di mana aja dengan kondisi yang memenuhi syarat, aku pasti akan tidur di manapun.

"Bocor" artinya bobo core atau dalam tata bahasa yang baik adalah tidur sore. Tidur sore terjadi saat badan mulai kelelahan akibat aktivitas siang yang melelahkan. Syarat terjadinya Bocor adalah jam 3 hingga jam 6 sore. Lebih baik bangun sebelum magrib. Pantang kata orang tua dahulu tidur di saat magrib.

"Bolam" artinya bobo malam. Bolam biasanya dilakukan oleh semua orang. Tetapi ada yang tidak melakukannya, seperti orang yang mau ujian, orang yang terkena insomnia, dan orang yang mau ngepet. Syarat terjadinya Bolam adalah jam 8 malam hingga jam 3 pagi atau hingga jam 6 pagi. Setelah "Bolam" pasti badan super segar.

"Bogel" adalah yang terfavorit di saat liburan! Kepanjangan dari kata "Bogel" adalah bobo page (pagi) lama. Ini biasanya terjadi jika mereka tidak melakukan "Bolam" dengan sempurna. Tetapi "Bogel" sangat dilarang keras dilakukan saat ada di dalam kelas. Ini akan berakibat fatal apalagi dosen atau guru sedang mengajar.

"Bohol" adalah bobo holiday. Ini hal yang paling disenangi oleh semua orang, termasuk aku. Saat liburan, tidak ada kerjaan, ingin bermalas-malasan, maka pilihan yang tepat untuk relaksasi adalah tidur. Selain hemat pemakaian listrik, uang jalan-jalan juga menyehatkan badan. Tetapi jangan tidur lebih dari 24 jam berturut- turut. jika ini terjadi, suruh orang terdekat menggali kubur di TPU (tempat pemakaman umum) terdekat.